Minggu, 27 Februari 2011

WIKIPEDIA 10 TAHUN, SATU DEKADE KONTRIBUSI UNTUK MENCERDASKAN WARGA DUNIA

Tanggal 15 Januari 2011 menjadi hari bersejarah bagi Wikipedia dan pendirinya, Jimmy Wales. Hal tersebut menandai satu dekade layanan ensiklopedia online ini dalam berbagai informasi di Internet.
Bagi penggagasnya, Jimmi Wales, memasuki usianya yang kesepuluh, Wikipedia diharapkan semakin beragam dalam berbagai aspek. Para contributor, atau editornya diharapkan bukan hanya berasal dari kalangan-kalangan tertentu yang selama ada, tetapi juga berasal dari berbagai kalangan kategori baru, seperti kaum wanita, contributor dari Negara-negara berkembang dan pihak-pihak yang menguasai suatu bidang ilmu secara mendalam.

KERAGAMAN DALAM BEBERAPA ASPEK
Wikipedia, yang kini telah menjadi website lima besar terpopuler di Internet, saat ini tidak hanya ingin dikunjungi di dunia maya. Di dunia nyata pun mereka ingin mendunia seperti terilihat dari rencananya untuk membuka kantor cabang di India, disusul di Brazil, Mesir dan beberapa Negara Timur Tengah lainnya. Harapan mereka lainnya adalah menyeimbangkan isi website untuk berbagai bangsa di dunia. Seperti diketahui, hingga kini 20 % halaman/artikel di Wikipedia masi dimuat dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, pengelola berharap situasi dan kondisi saat ini akan berubah dalam 10 tahun mendatang.
Kekuatan utama Wikipedia yang merupakan satu-satunya website di jajaran Top 25 yang masih tergolong nirlaba terletak pada kontributornya. Bagi para kontributornya yang rata-rata adalah pria berusia 20-an tahun dan berpendidikan, Jimmy Wales, sang pendiri Wikipedia, secara khusus menyampaikan terimakasihnya.
Menurut Sue Gardner, selaku Executive Director Wikimedia Foundation, agar ensiklopedia online kian lengkap, kontributornya harus berasal dari semua kalangan di seluruh dunia. Ia mengibaratkan Wikipedia dengan suatu perjamuan makan. Katidakhadiran salah satu undangan tentu akan membuat jamuan makan tersebut menjadi kurang sempurna. Berkaitan dengan ulang tahunnya, Jimmy Wales mengungkapkan bahwa sukar dibayangkan bahwa Wikipedia telah bergulir selama 10 tahun sejak ia pertama kali mengklik menu “Edit” dengan mouse dan menulis “Hello World” dan hingga kini memiliki 17 juta artikel dan masih akan terus bertambah.

SELURUH DUNIA LAYAK MERAYAKANNYA
Bertepatan dengan ulangtahunnya, komunitas Wikipedia di seluruh dunia secara serentak akan merayakannya secara terpisah di lebih dari 200 tempat. Bentuknya beragam, seperti konferensi di New York, konser di Praha, peresmian sekolah di Nairobi, Museum Boot Camp di Amsterdam, nonton bareng di Tel Aviv dan berbagai bentuk kegiatan lain.

0 komentar:

Posting Komentar