Minggu, 13 Februari 2011

10 Bug Firmware Paling Fatal


Kesalahan firmware pada perangkat modern tidak hanya dapat mengganggu pikiran, melainkan juga sering menimbulkan KERUGIAN FISIK DAN EKONOMI.

1.     Terlalu Keras: Ponsel Siemens Ganggu Pendengaran
Sebuah kesalahan firmware pada ponsel Siemens seri 65 dapat menimbulkan kerusakan pada telinga. Masalahnya, ponsel seri ini, antara lain S65, mengeluarkan nada yang terlalu keras saat dimatikan. Bila baterai habis saat sedang melakukan pembicaraan, suara dengan volume tinggi tersebut dapat mengganggu pendengaran. Update firmware menjadi solusinya.

2.     Hard Disk Mengunci Data
Pada awal 2009, Seagate menganjurkan pengguna hard disk seri Barracuda 7200.11 untuk melakukan update firmware. Update ini untuk mengatasi sebuah bug dalam pendeteksian BIOS. Namun, update tersebut malah berbuat sebaliknya. Patch mengunci semua data dalam hard disk secara permanen. Seagate kemudian bersedia membayar ganti rugi yang ditimbulkan.

3.     Bug BlackBerry Masukkan Snifer ke Dalam Firmware
Pada bulan Juli 2009, Etisalat, provider jaringan telepon Arab memberikan sebuah patch firmware untuk perangkat BlackBerry kepada para pelanggan mereka. Lantaran sebuah bug, baterai ponsel tersebut tidak bertahan lama dan masuklah sebuah spyware yang merekam e-mail dan SMS.

4.     iPhone: Feature Shaking Ungkap Password
Dengan firmware iPhone 3.0.1, Apple mengintegrasikan sebuah feature untuk membatalkan sebuah action dengan menggetarkan ponsel. Namun, bila pengguna menghapus password yang telah dimasukkan kemudian menggetarkan ponsel, karakter password dapat terbaca.

5.     Bencana pada Kendaraan BMW
Pada bulan Mei dan Juli 2002, BMW menarik sejumlah 15.286 unit kendaraan 745i dari pasaran. Selain mengalami berbagai masalah, seperti kegagalan fungsi lampu rem, mobil ini tidak mau berjalan lantaran terjadi kesalahan software, apabila tangki hanya terisi sepertiganya saja.

6.     Bug Komputer Pertama
Bug pertama sebenarnya sebuah ngengat. Programer AS menemukannya pada 9 September 1947 dalam relay 70, Platine F, pada komputer elektromekanis mereka.

7.     Software + Kebodohan = Bencana
Pada tahun 2000, dokter-dokter di Instituto Oncológico Nacional di Panama ingin meningkatkan shielding dari sebuah alat penyinaran. Namun, software perangkat tersebut keliru membuat kalkulasi dan menambah kekuatan radiasi menjadi dua kali lipat. Bencana ini menimbulkan korban sebanyak 17 jiwa.

8.     PacMan Tidak Terkalahkan
Sebenarnya, game klasik Pac-Man tidak memiliki level akhir. Namun, sebuah kesalahan program merusak setengah tampilan layar pada level 256. Level tersebut pun tidak dapat dimainkan.

9.     Mobil Hibrid dengan Built-N Speed Limiter
Sebuah bug pada kendaraan hibrid Toyota Prius yang diproduksi pada tahun 2004 dan 2005 menyebabkan mesin bensinnya mati saat melaju antara kecepatan 56 dan 105 km per jam. Akibatnya setengah dari jumlah kendaraan ini harus ditarik.

10.  Pesawat Jatuh
Pada April 1982, pesawat Lockheed F-117, yang kala itu masih merupakan Stealth-Bomber baru, jatuh. Penyebabnya, dua sinyal kendali saling tertukar sehingga pesawat terbalik dan menukik ke tanah.

0 komentar:

Posting Komentar