Minggu, 27 Maret 2011

MENGOPTIMALKAN PC LAWAS

Di bawah ini merupakan tips yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan PC lawas anda. Selamat mencoba!

1.    Ganti Hard Disk
Mengganti hard disk merupakan langkah awal untuk mengoptimalkan PC lawas. Ganti Hard disk anda dengan kapasitas yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi (rata-rata hard disk baru mempunyai kec. 7200 rpm, yang merupakan kecepatan standar hard disk desktop). Pasanglah hard disk baru tersebut sebagai primary/master Anda juga dapat membagi hard disk baru tersebut menjadi beberapa partisi. Buatlah partisi yang hanya khusus untuk OS dan khusus data-data anda. Untuk hard disk yang lama, jika kapasitasnya dibawah 10 GB, anda dapat menggunakannya sebagai disk temporary files Windows. Tetapi jika ada sekitar 20 GB ke atas. Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan file-file anda. Dan set hard disk anda yang lama tersebut menjadi Slave.

2.    Tambah Memory
Penambahan memory merupakan cara praktis dan cukup murah untuk meningkatkan performa PC lawas Anda. Anda dapat menambah memory tanpa membuang memory lama anda jika masih ada tersisa slot kosong. Harap diperhatikan, jika ingin menambah memory, pastikan clock speednya sama.

3.    Rapikan Kabel
Dengan merapikan kabel-kabel di dalam casing PC Anda, PC anda akan bebas bernafas (mendapat sirkulasi udara yang baik). Jika diperlukan, tambahkan kipas pendingin (kipas casing) untuk membantu membuat sirkulasi yang lebih baik dan mencegah overheating.

4.    Pasang Card / Periferal Tambahan
Peranti pendukung PC saat ini umumnya menggunakan port USB untuk keperluan mentransfer data. Anda bisa menambahkan card USB PCI untuk meningkatkan kinerja transfer data. Tambahkan juga Ethernet Card agar PC anda dapat terhubung ke jaringan. Anda juga dapat menambahkan DVD-RAM Drive.

5.    Pakai OS yang Sesuai Spesifikasi PC Anda
Jika anda menggunakan Generasi Intel Pentium III, anda bisa menggunakan Windows 98 ataupun Windows ME. Anda jangan memaksakan menggunakan XP, karena XP mempunyai beban kerja lebih berat dibanding Windows sebelumnya

0 komentar:

Posting Komentar