Selasa, 31 Mei 2011

Groupon Akuisisi Disdus

Website penyedia diskon dan pembelian kolektif terbesar di dunia, Groupon, mengumukan pengakuisisian website daily deals local, Disdus (www.disdus.com). Disdus akan menjadi Groupon Indonesia sebagai bagian dari ekspansi Groupon di Asia Tenggara.

Selain Disdus, terdapat beberapa website group buying lokal lain, seperti lapar.com, dealkeren.com dan evoucher.co.id. Mengapa Groupon akhirnya memilih Disdus? “Hanya dalam beberapa bulan, Disdus telah menjadi pemimpin pasar dan contoh pembelian kolektif kelas satu di Indonesia”, demikian menurut Rob Solomon, (mantan) Presiden Direktu dan COO Groupon. Hal ini nampaknya yang juga meyakinkan Groupon untuk melakukan akuisisi terhadap Disdus daripada mendirikan perusahaan baru dari nol. Kondisi dan nilai akuisisi tidak dipublikasikan.

Rob Solomon menyebutkan bahwa kedepannya, Groupon Indonesia akan memanfaatkan kekuatan jaringan Groupon untuk mempertajam cara pemasaran pebisnis lokal kepada pelanggan di seluruh Asia Tenggara. Sebagai informasi, Groupon telah mengakuisisi uBuyiBuy, Beeconomicdan Atlaspost yang digadang melayani wilayah Hong Kong, Singapura, Filipina dan Taiwan.

Disdus telah menawarkan kupon (voucher) diskon untuk daerah Jakarta dan Bandung dan berencana memperluas jangkauannya ke kota-kota besar lain di Indonesia pada akhir tahun 2011 ini. Disdus yang resmi didirikan medio Agustus 2010 telah bekerja samadengan sejumlah brand terkemuka, termasuk diantaranya Sushi TEi, blitzmegaplex, dan Amazing Water World.

Dengan adanya proses akuisisi ini, maka pihak East Venture sebagai investor awal Disdus nampaknya akan melakukan exit terhadap perusahaan yang dipimpin Jason Lamuda dan Ferry Tenka ini.

0 komentar:

Posting Komentar