Senin, 31 Januari 2011

10 Fakta Mencengangkan Seputar e-mail

            Hal-hal yang menarik, unik, dan mencengangkan seputar sarana komunikasi terpopuler di dunia, e-mail

1.     1,3 Miliar Orang Mengirim e-mail
E-mail menjadi layanan yang paling banyak digunakan di Internet setelah World Wide Web. Menurut hasil studi Radicati Group, pada Agustus 2008 lalu, terdapat 1,4 miliar e-mail account dan 1,3 miliar pengguna di seluruh dunia.

2.     .--.-.
Sandi Morse untuk simbol @ muncul se­jak tahun 2004. Kode ini berbunyi .--.-. yang merupakan kombinasi dari huruf a, kemudian diikuti oleh sebuah c tanpa pause. Pada praktiknya, sandi @ memang sulit. Untuk huruf „at“, orang menggunakan sandi .-- dan ini lebih singkat.

3.     Spam e-mail Pertama
E-mail spam dalam jumlah besar pertama sekali dikirim pada 3 Mei 1978 oleh Gary Thuerk, pen­jual komputer di toko komputer AS, Digital Equipment Corporati­on. Dari sebuah daftar e-mail yang telah dicetak, Thuerk men­cari pengguna Arpanet (cikal ba­kal Internet), yang tinggal di pan­tai barat Amerika Serikat dan ke­mudian mengirim iklan penawa­ran komputer baru ke sekitar 600 orang.

4.     e-mail di Tempat Tidur
Dalam sebuah studi, AOL menyimpulkan pola penggu­naan e-mail orang Amerika. 67% responden membuka e-mail sela­gi di tempat tidur atau setelah berada di tempat tidur dengan memakai piyama (baju tidur).

5.     Penemu E-mail
Pada awal 1960-an, Ray Samuel Tomlinson mengembangkan sebuah file transfer pro­tocol (CPYNET) yang dapat mengirim file antara dua komputer. Para ahli komputer kemudian mengembang­kan protokol ini agar dapat mengirimkan berita. Namun, Tomlinson tidak ingat lagi apa yang ada dalam e-mail pertamanya.

6.     Pos Elektronik Berkekuatan Hukum
Mulai 2010, e-mail dapat digunakan untuk mengirim dokumen yang memi­liki kekuatan hukum antara warga negara dan pejabat negara. E-mail dari instansi pemerintah ini dienkripsi, tetapi masih dapat dibaca oleh pemerintah.

7.     e-mail Presiden
e-mail resmi presiden AS, presi­dent@whitehouse.gov, dibuat pertama kali pada 1993. Selama delapan tahun kepemim­pinannya, Bill Clinton hanya menulis dua e-mail. Pertama, sebuah test e-mail dan kedua untuk astronot John Glenn yang sedang mengorbit.

8.     Laki-Laki, Perempuan, atau Netral?
Dalam kaidah tatabahasa, jenis kelamin kata "e-mail" ternyata tidak seragam untuk bebe­rapa negara. Di Jerman, kata e-mail mendapat je­nis kelamin "perempuan", sedangkan di Swiss "berjenis kelamin" netral. Meskipun dalam pengu­capannya tetap sama.

9.     Attachment Membuat e-mail Membengkak
Attachment e-mail membuat ukuran as­linya bertambah besar sepertiga­nya. Penyebabnya, e-mail difor­mat dengan karakter set, sebe­sar 7 bit sedangkan gambar atau dokumen teks dengan data biner 8 bit. Saat dikonversi ke dalam format Base64, ruang yang di­butuhkan bertambah 36 persen.

10.  Tertawalah :-)
Emoticons yang sering digunakan di e-mail ini ternyata sudah digunakan sejak 12 April 1979. Kevon McKenzie, anggota sebuah diskusi mail, mengusulkan untuk menambahkan simbol-simbol yang mengungkapkan emosi agar komunikasi tidak membosankan.

Sumber : Majalah CHIP

0 komentar:

Posting Komentar